Selasa, 20 Maret 2012

Penyearah setengah gelombang

dioda semikonduktor banyak di gunakan sebagai penyearah.penyearah yang paling sederhana adalah penyearah setengah gelombang,yaitu yang terdiri dari sebuah dioda.melihat dari namanya , maka hanya setengah gelombang saja yang akan di searahkan.gambar 28 menunjukan rangkaian penyearah gelombang mendapatkan masukan dari sekunder trafo yang berupa sinyal AC yang berbentuk sinus,Vi=Vm sin>t ( gambar 28 ) .
         Dari persamaan tersebut , Vm merupakan tegangan maksimum . Harga Vm ini hanya bisa di ukur dalam CRO yakni degan melihat langsungpada gelombangnya . sedangkan pada umumnya harga yang tercantum pada sekunder trafo adalah tegangan efektif. hubungan antara tegangan puncap Vm dengan tegangan efektif(veff) atau tegangan rms (vrms)adalah :
                      veff=vrms vm=0,707 vm .

            Tegangan (arus ) efektif atau rms ( root mean square ) adalah tegangan ( arus ) yang terukur oleh volt meter ( amper meter ) karna harga Vm pada umumnya jauh lebih besar dari pada v-> ( tegangan cut in dioda ).maka pada pembahasan penyearah ini v-> di abaikan prinsip kerja penyearah  setengan gelombang adalah bahwa pada saat sinyal input berupa siklus positif maka dioda dapat bias maju sehingga arus (i) mengalir ke beban (i) pada (c) dari gambar 28.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar